Minggu, April 14, 2024
Bandar Lampung

Ketua Umum PMI Pusat Buka Mukernas PMI Tahun 2023

 

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat H.M Jusuf Kalla didampingi Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023, di Radison Hotel, Senin (03/07/2023).

Pada tahun 2023 ini Provinsi Lampung terpilih sebagai tuan rumah Mukernas PMI yang diikuti oleh 34 pengurus PMI Provinsi dengan jumlah utusan masing-masing 2 Peserta tiap Provinsi (68 orang), 12 orang Pengurus pusat dan 17 orang Peninjau dari negara sahabat.

Dalam Mukernas 2023 ini disampaikan laporan koordinasi kegiatan tahun 2022, pembahasan rencana kerja dan program kerja tahun 2023 dan rekapitulasi isu-isu strategis tahun 2023.

Dalam sambutannya Riana Sari Arinal menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada PMI Provinsi Lampung, untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Kerja Nasional PMI Tahun 2023 sekaligus tuan rumah Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) ke IX Tahun 2023.

“Selamat datang di Bumi Lampung, Sai Bumi Ruwai Jurai. Semoga Bapak/Ibu dapat menikmati keindahan alamnya, kekayaan budayanya, keunikan wastranya serta kelezatan kulinernya,” ungkapnya.

Riana Sari Arinal berharap agar Mukernas Tahun 2023 ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh keluarga besar Palang Merah Indonesia untuk terus berbuat yang terbaik untuk kemanusiaan.

Sementara itu Ketua Umum PMI Pusat H.M Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan bahwa PMI merupakan lembaga yang sangat penting dalam kiprahnya untuk kemanusiaan. Hal ini dibuktikan dalam sejarah pembentukannya di Indonesia bahwa PMI adalah lembaga pertama yang dibentuk 1 bulan pasca kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya 17 September 1945 mendahului terbentuknya TNI dan Kepolisian dengan Wakil Presiden Muhammad Hatta sebagai Ketua nya.

“Apa yang kita laksanakan adalah kemanusiaan salah satu unsur penting daripada Pancasila, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, pokoknya adalah kita bekerja untuk mengatasi kesulitan masyarakat,” ungkap Jusuf Kalla.

Pondasi kerjasama dan sinergi kuat yang dilaksanakan oleh pemerintah dan Palang Merah Indonesia menjadi hal yang sangat penting. Kerjasama ini diharapkan bahwa pemerintah dan Palang Merah Indonesia memiliki visi yang sama tentang kemanusiaan, kesamaan, kemandirian persatuan dan juga kesemestaan atau universalitas.

“Terima kasih sekali lagi kepada saudara-saudara semuanya baik di pusat dan di daerah atas kerjasama yang sangat kuat dalam mengatasi masalah membantu masyarakat dan juga kepada para relawan yang bekerja dengan hati untuk membantu masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pelaksana Mukernas 2023 Fachmi Idris menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kettua PMI Provinsi Lampung atas dukungan penuh nya dalam penyelenggaraan Mukernas ini.

“Terima kasih saya sampaikan kepada PMI Provinsi Lampung, Ibu Riana Sari Arinal dalam waktu kurang dari 2 bulan berketempatan menjadi tuan rumah dua kegiatan sekaligus yakni Mukernas PMI dan Jumbara PMR Nasional IX, Insya Allah ini menjadi tinta emas yang mencerminkan kekuatan leadership Ibu Riana Sari Arinal,” ucapnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *