Kamis, September 19, 2024
Lampung Tengah

TPPS Lamteng Helat Rakor Diseminasi Audit Kasus Stunting

Lampung Tengah, hariansatelit.com

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menghelat Rapat Koordinasi (Rakor) Diseminasi Audit Kasus Stunting tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Lampung Tengah, pada Selasa (17/9/2024).

Rakor tersebut dibuka oleh Waka I TPPS Lampung Tengah Imam Fatkuroji mewakili Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M.
Kegiatan ini adalah untuk menyampaikan hasil audit kasus stunting dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan upaya penanggulangan stunting.

Dikatakannya, saat ini kasus stunting di Lampung Tengah masih tinggi, dan Pemkab masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar berkontribusi maksimal menurunkan angka prevalensi stunting.

Dia sangat mengapresiasi atas upaya kinerja semua pihak. Dalam mengaudit kasus stunting yang kita lakukan ialah mengaudit resiko dan penyebabnya dari status stunting”, dalam menurunkan angka stunting bisa dilakukan melalui pendampingan keluarga secara berkesinambungan mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas dan pertumbuhan bayi.

“Untuk itu kami harapkan semua pihak untuk dapat mengidentifikasi resiko penyebab langsung dan tidak langsung melalui calon ibu hamil, nifas dan balita sebagai upaya pencegahan kasus serupa. Kami juga berharap kepada semua pihak yang terkait untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar dapat menentukan tindak lanjut kedepannya,” ujarnya.

Audit kasus stunting merupakan identifikasi risiko dan penyebab resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin atau sumber data lainnya. Oleh karena itu, pada hari ini kita melaksanakan kegiatan Diseminasi yaitu menyampaikan hasil kajian kasus Audit yang merupakan penajaman (rekomendasi) intervensi spesifik dan sensitif serta intervensi pencegahan yang dibutuhkan sesuai hasil kajian berdasarkan kelompok sasaran yang diaudit,” jelasnya.

Hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Dinas PP dan KB I Nyoman Gunadi, Camat Anak Tuha Andi Nazola, TP-PKK Lampung Tengah, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta para OPD yang tergabung dalam TPPS Kabupaten Lampung Tengah. (Lastri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *