Sabtu, September 7, 2024
Lampung Barat

Pj Bupati Lambar Serahkan 58 Pompa Air

Lampung Barat, hariansatelit.com

Penjabat Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman, menyerahkan sebanyak 58 unit pompa air kepada para petani untuk meningkatkan produksi padi dan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Penyerahan bantuan alat pertanian yang bersumber dari Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian tersebut berlangsung di Lamban Gedung Pancasila, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, pada Rabu (24 Juli 2024).

Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., menyerahkan secara simbolis bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) pertanian melalui program penambahan areal tanam (PAT), dengan jumlah sebanyak 92 unit dengan rincian 14 unit irigasi perpompaan, 58 unit pompa air ukuran 3 inch, 4 inch dan 6 inch, serta 20 unit Traktor roda dua kepada kelompok tani.

Pj. Bupati Lampung Barat Nukman mengungkapkan program PAT sebagai upaya dukungan pemerintah terhadap para petani dalam memberikan pembinaan dan penguatan komitmen yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas padi.

“Harapannya fasilitas tersebut dapat digunakan secara optimal untuk mengejar tanaman padi sawah di musim ini, karena ancaman kekeringan sudah mulai terlihat di beberapa wilayah kecamatan kita seperti di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh,” ujar Nukman.

Karena menurut Nukman, kesuksesan kegiatan pompanisasi mendukung penambahan areal tanam (PAT) bergantung pada kerjasama atau kolaborasi yang baik.

“Kegiatan perpompaan mendukung PAT ini adalah salah satu kepedulian kita semua terhadap kerawanan pangan yang mungkin akan terjadi,” ujarnya.

“Ini adalah dukungan pemerintah untuk masyarakat kita agar petani kita yang sebagai agen vital giat untuk berproduksi pertanian pada komoditas padi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Ir. Nata Djudin Amran mengungkapkan, program PAT (Penambahan Areal Tanam) merupakan salah satu program pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan dan atau meminimalisir dampak El Nino tersebut.

Program PAT dimaksudkan untuk menambah areal tanam menambah indeks pertanaman dan atau meningkatkan produktivitas tanaman.

“Tiga jenis kegiatan untuk mendukung program tersebut yaitu irigasi perpompaan 14 unit terletak di tiga kecamatan yaitu Bandar Negeri Suoh, Suoh, Kebun Tebu. Selain itu, pompa air dengan ukuran 3,4,6 Inci sebanyak 58 unit serta traktor roda dua sebanyak 20 unit,” kata Nata.

Sekadar diketahui, penyerahan bantuan alat pertanian tersebut dihadiri Forkopimda, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Lampung Kementerian Pertanian (Kementan), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kepala Perangkat Daerah, Babinsa, Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani serta undangan lainnya. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *