Sabtu, September 7, 2024
Metro

Minat Baca Tertinggi, Metro Raih Kota Literasi

Metro, hariansatelit.com

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Komarudin, mengungkapkan bahwa Kota Metro sebagai Kota Literasi berhasil meraih minat baca tertinggi di Provinsi Lampung berkat tujuh indikator utama.
Hal tersebut di ungkapnya saat Tim Lipsus Dinas Kominfo menyambangi Dispusarda Kota Metro, Selasa (23/07/2024).

“Alhamdulillah, Kota Metro memiliki minat baca tertinggi di Lampung. Ini berkat beberapa indikator, diantaranya pemerataan layanan perpustakaan, ketercukupan koleksi buku, ketersediaan tenaga perpustakaan yang memadai, tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan, adanya perpustakaan SMP berstandar nasional, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan perpustakaan, serta banyaknya anggota perpustakaan,” jelas Komarudin.

Selain itu, Kota Metro juga memiliki koleksi e-book yang mencapai sekitar 2.400 judul serta pertumbuhan koleksi buku fisik sebanyak 20.159 yang terus bertambah setiap tahunnya.

Kemudian ia jugam menuturkan bahwa pentingnya perputaran buku yang terjadi, termasuk buku yang mengalami kerusakan, serta pembaharuan buku yang mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat dalam literasi.

Untuk mendukung terwujudnya Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG) melalui literasi Dispusarda Kota Metro terus berkomitmen menjaga minat baca masyarakat di ruang publik melalui Pojok Baca Digital (POCADI).

“POCADI yang dibantu oleh Perpusnas tahun 2019, merupakan wujud pengembangan dan memperluas akses bahan bacaan digital dari perpustakaan di Kota Metro dengan konsep outdoor yang ditempatkan diantara Taman Merdeka Kota Metro dan Masjid Taqwa, mudah diakses oleh masyarakat melalui e-book (buku Elektonik) ,” imbuh Komarudin.

Komitmen tersebut juga tercermin melalui prestasi IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Kota Metro yang mencapai posisi tertinggi di Provinsi Lampung.

“Dari semua itu telah dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Kota Metro dari ANRI (Arsip Nasional RI) di bidang Kearsipan dalam pengelolaan kearsipan berdasarkan hasil Pengawasan Kearsipan tahun 2023 “BB” Sangat Baik dan Kota Metro mewakili Provinsi Lampung dalam memperoleh penghargaan di Tingkat Nasional yang diserahkan langsung oleh Plt. Kepala ANRI Imam Gunarto di Jakarta 6 Mei 2024,” paparnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Komarudin juga membeberkan penghargaan yang diraih Kota Metro dapat dicapai berkat keberhasilan Kota Metro dalam mengelola arsip yang baik.

“Tak hanya POCADI, pada tahun 2023 Perpustakaan Nasional juga memberikan bantuan kepada Dispusarda Kota Metro untuk pengembangan program TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) dari institusi yang dipusatkan atau diarahkan kepada pengembangan perpustakaan yang ada di tingkat kelurahan,” pungkasnya. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *