Jumat, Oktober 18, 2024
Lampung Selatan

Lagi, Pemdes Margodadi Bangun Jalan Pertanian Gunakan Paving Block di Dusun V

 

Jati Agung, hariansatelit.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Margodadi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, kembali membangun jalan pertanian menggunakan paving block di Dusun V sepanjang 200 meter dan lebar 3,20 centi meter dengan anggaran Dana Desa Tahun 2024 sebesar Rp 88.977.000.

Sebelumnya Desa Margodadi juga membangun jalan menggunakan paving block di Dusun I dengan panjang 200 meter lebar 3.20 centi meter dengan menelan anggaran sebesar Rp 88.977.000.

Jadi, pembangunan paving block di dua tempat yakni di Dusun I dan Dusun V dengan panjang 400 meter dan lebar 3,20 centi meter menelan anggaran sebesar Rp 177.954.000.

Kepala Tukang, Udin mengatakan dirinya bersama beberapa teman kerjanya sebagian ada yang meratakan jalan dengan pasir ada juga yang menata paving block. “Kami kompak dalam bekerja pak,” kata Udin, Senin (22/7/2024).

Dia mengatakan pemasangan paving block memeng memerlukan kesabaran dan penuh dengan ketelitian. Sebab kata dia, apabila dikerjakan dengan sembarangan, maka hasilnya tidak akan bagus dan bergelombang. “Kendati mutu paving blocknya sangat bagus, tapi cara penataannya tidak standar, maka dipastikan hasilnya juga akan buruk,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Margodadi Noven Fahri menjelaskan, pentingnya pembangunan akses jalan pertanian ini untuk mempermudah mengangkut hasil panen dari petani di Dusun I dan Dusun V.

Tentunya bukan hanya itu saja, kata dia, tapi juga untuk meningkatkan harga tanah dan perekonomian desa, dengan dibangunnya jalan tersebut.

“Pembangunan jalan melalui program ketahanan pangan ini menggunakan anggaran DD tahun 2024. Dan ini memang sudah menjadi program pemerintah yang harus dilaksanakan. Sebagai langkah untuk menunjang sektor hasil pertanian di setiap desa,” ungkap Noven.

“Pembangunan paving block ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan. Sebab, jalan ini sering digunakan untuk mengangkut kebutuhan petani hingga mengangkut hasil panen,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan paving block itu bertujuan agar akses sehari-hari warga semakin lancar, termasuk melancarkan perekonomian.

Sebab, tidak dipungkiri, kondisi jalan yang rusak akan mempersulit akses transportasi warga. “Harapan kami, dengan adanya paving block ini, warga semakin nyaman beraktivitas dan bekerja, termasuk bagi para petani lebih mudah menuju lahan pertaniannya,” jelasnya.

Noven berharap pembangunan itu, bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Margodadi. ”Insya Allah, pembangunan jalan paving block ini akan bermanfaat untuk masyarakat, sehingga dapat mempermudah akses transportasi dan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Noven menyampaikan bahwa dibangunnya jalan ini telah disepakati bersama melalui musyawarah mufakat antara Pemerintah Desa, BPD, LPMD dan tokoh masyarakat.

Dengan dibangunya jalan ini mudah-mudahan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat.

“Alhamdulillah Pembangunan paving block di Dusun I kali ini bisa terwujud, Diharapkan dengan dipavingnya jalan Dusun I ini masyarakat lebih mudah dalam melakukan aktifitas terutama bagi yang memakai kendaraan karena masyarakat tak lagi terkendala dengan kondisi jalan,” terang Kades. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *