Jumat, Oktober 18, 2024
Lampung Selatan

Semringah, 6 KPM Terima BLT DD dari Pemdes Marga Kaya Enam Bulan Sekaligus

Jati Agung, hariansatelit.com

Semringah, sebanyak 6 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Pemerintah Desa (Pemdes) Marga Kaya Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, selama enam bulan sekaligus yakni Januari hingga Juni Tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksakan di Aula Kantor Desa Marga Kaya. BLT DD bulan Januari hingga Juni Tahun 2024 disalurkan oleh Pemerintah Desa Marga Kaya kepada 6 KPM berdasarkan hasil Musyawarah Desa, setiap KPM menerima bantuan masing-masing sebesar Rp 300.000 per bulan.

Kepala Desa Marga Kaya Mujimin, S.Pd menekankan bahwa pembagian BLT DD tidak boleh dikurangi dengan alasan apapun. “Kami menyerahkan BLT kepada 6 KPM untuk enam bulan sekaligus,” tukasnya.

Masing-masing KPM menerima BLT sebesar Rp 300 ribu per bulan atau Rp 1.800.000 per enam bulan untuk bulan Januari hingga Juni Tahun Anggaran 2024,” kata Kepala Desa Marga Kaya, Sabtu (15/6/2024).

Kades Mujimin menyampaikan harapan kepada warga masyarakat penerima manfaat agar memaksimalkan penggunaan bantuan tersebut untuk kebutuhan pokok seperti membeli bahan makanan sembako dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Mujimin mengatakan, BLT DD tersebut menggunkan anggaran dari Dana Desa sebagai salah satu kebijakan pemerintah untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terdiri dari penerima laki–laki dan penerima dari wanita, yang terdampak dengan memiliki penyakit kronis, setatus janda dan warga miskin yang kehilangan pekerjaan.

“Penyaluran bantuan tunai ini sebesar 300 ribu perbulannya, selama 6 bulan sekaligus,” kata Kades.

Selain itu, dikatakan Mujimin, data penerima BLT DD ini berdasarkan hasil musyawarah desa kusus (Musdesus) bersama tokoh masyarakat dan BPD. Dan diharapkan agar masyarakat yang menerima dana BLT dapat menggunakan dengan sebaik mungkin dan diutamakan untuk membeli sembako.

“Mudah-mudahan pembagian BLT DD ini bermanfaat bagi masyarakat yang mendapatkan, minimal bisa membantu meringankan beban mereka di kondisi sekarang ini,” tandasnya.

Kades berpesan kepada penerima agar menggunakan sebaik mungkin bantuan yang diterima dan jangan salah gunakan agar kedepan bisa lebih baik lagi dalam pengelolaannya.

“Kepada seluruh Kepala Keluarga Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini agar dipergunakan sebaik mungkin agar kedepan jauh lebih baik,” tuturnya kepada hariansatelit.com.

Sementara itu, Sekcam Jati Agung M. Ampina Tomas memberikan apresiasi kepada pemerintah Desa Marga Kaya dan juga Ketua BPD yang telah melakukan transparansi dalam pengelolaan Dana Desa.

Tomas menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dibagikan untuk pembayaran bulan Januari hingga Juni Tahun Anggaran 2024.

Adapun nilai BLT yang disalurkan adalah sebesar Rp 300.000 setiap bulannya.

Dia mengatakan penyaluran BLT DD tahun 2024 ini dilakukan tanpa menunggu turunnya Dana Desa secara keseluruhan, karena Pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan Dana Desa telah dilaksanakan.

Lebih lanjut Tomas menuturkan, bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Pemdes membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya.

Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai, maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tukasnya.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Kecamatan Rama Natha Yepi, SE mengungkapkan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dan diputuskan melalui musyawarah Desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peratuan perundang-undangan. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Rama mengharapkan program ini tepat sasaran dan dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mendukung penurunan persentase tingkat kemiskinan ekstrim.

“Ini program memang harus Pemdes anggarkan dan menjadi prioritas karena kita dituntut agar bagaimana persentase tingkat kemiskinan ekstrim itu turun.”

“Saya berharap khususnya untuk Masyarakat Desa Marga Kaya tidak ada lagi yang masuk kategori miskin Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ekstrim.

Berdasarkan pantauan hariansatelit.com proses pembagian BLT DD yang dibagikan secara berjalan lancar. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *