Jumat, Oktober 18, 2024
Lampung Tengah

Bappenas Turun Langsung Pastikan Kegiatan Pembangunan di Lampung Tengah

Lampung Tengah, hariansatelit.com

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bertandang ke Lampung Tengah. Kegiatan itu untuk melakukan penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 di Kabupaten Lampung Tengah, Senin, 18 Maret 2024.

PPD merupakan pengendalian perencanaan pembangunan daerah oleh Kementerian PPN/Bappenas. Hal itu melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota setiap tahunnya.

Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik. Yakni dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan.

“PPD ini merupakan kegiatan tahunan yang bisa memberikan dampak yang luas. Yakni untuk mempercepat pembangunan demi menyejahterakan masyarakat,” kata Ir. Syahrial Loetan selaku Tim Penilai tahap II PPD dari Bappenas.

PPD tahap II ini terdiri dari tim penilai utama dan penilai independen. Di mana tim independen ini adalah guru besar dari perguruan tinggi. Antara lain UGM, UI, ITB, dan IPB. Selanjutnya akan diadakan verifikasi lapangan dan melihat kondisi langsung, sesuai atau tidaknya dengan penilain yang telah dilakukan.

Program Bunga Kampung
Sementara Bupati Lamteng, Musa Ahmad menerangkan, bahwa penilaian tahap II yakni wawancara dan verifikasi. Penilaian bertujuan untuk memperoleh informasi dan konfirmasi dari stakeholders perencanaan pemda terkait. Yakni pencapaian pembangunan, kualitas, dan proses penyusunan dokumen perencanaan, serta inovasi daerah.

“Tim penilai tahap II PPD dari Bappenas saat ini berada di Lampung Tengah. Kita ada program unggulan Bunga Kampung. Ini merupakan inisiasi oleh saya sendiri secara langsung. Saat ini telah dikembangkan menjadi Bunga Kampung Mekar di Dusun,” jelas Musa.

Dengan program Bunga Kampung, Musa menilai dapat lebih efisien dalam proses birokrasi yang panjang menjadi lebih ringkas. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan publik.

“Dengan program Bunga Kampung Mekar di Dusun, masyarakat lebih ringkas dan hemat biaya. Antara lain dalam mengurus dokumen penting. Karena program kita sampai ke tingkat dusun,” kata Bupati.

Kepala Bappeda Lamteng, Imam Fatkuroji, mengatakan program unggulan Kabupaten Lampung Tengah adalah Bunga Kampung, Bupati Ngantor di Kampung yang ditetapkan dengan Perbup Lamteng Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pelayananan Publik melalui Program Bunga Kampung.

“Melalui program Bunga Kampung, kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang melayani. Guna terwujudnya tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif, efesien, transparan, dan akuntabel. Bunga Kampung telah memperolah penghargaan MURI dan terdaftar sebagai Hak Cipta pada Kementerian Hukum dan HAM,” ujar dia. (Lastri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *