Minggu, September 8, 2024
Lampung Selatan

Jelang Pemilu 2024, Dindukcapil Lamsel Gencarkan Perekaman KTP-el di Way Hui

Jati Agung, hariansatelit.com

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan, terus bergerak untuk memberikan pelayanan perekaman KTP elektronik (KTP-el) di Desa Way Hui, dan Jatimulyo, Sabtu (10/2/2024).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan, Drs. Edy Firnandi, M.Si mengatakan Disdukcapil gelar perekaman KTP-el di Desa Way Hui dan Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung.

Pihaknya melakukan pelayanan dengan menjemput pemilih guna perekaman KTP-el.

Kegiatan tersebut dilakukan sejak awal Februari Tahun 2024.

Sebelumnya, Disdukcapil juga menggelar kegiatan jemput bola perekaman KTP-el di Kantor Kecamatan Natar dan Merbau Mataram.

“Animo masyarakat di Kecamatan Natar luar biasa. Padahal, perekaman KTP-el dilakukan di kantor kecamatan,” tukas dia saat meninjau perekaman KTP-el di Balai Desa Way Hui, Sabtu (10/2/2024).

Hal tersebut sebagai upaya untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 pada 14 Februari mendatang, Disdukcapil Lampung Selatan terus menggenjot perekaman wajib KTP.

Dia menjelaskan untuk mengejar terget 6.000 KTP el, kami menerjunkan 6 tim ke setiap desa.

Namun sayangnya hingga Sabtu (10/2/2024) Edy Firnandi belum mempresentasikan sudah berapa persen warga yang sudah melakukan perekaman.

“Kami belum menghitung, karena ini masih berjalan perekaman,” cetusnya.

Menurut dia, perekaman masih berjalan terus, kita melakukan pemanggilan kepada warga yang belum mempunyai KTP, dan para pelajar, by name by address kita panggil dan arahkan untuk bisa melakukan perekaman,” tuturnya.

Dia menceritakan pelajar, pihaknya juga melakukan perekaman ke sekolah-sekolah. Di sekolah pihaknya banyak mengalami kendala lantaran siswa yang hendak melakukan perekaman memakai baju seragam sekolah. Bahkan bagi siswi mereka mengaku belum berdandan dan bersolek.

“Seperti terjadi di SMKN 1 Kalianda, kita sedang malakukan perekaman di sekolahan, malah ada siswa yang malah datang ke kantor untuk melakukan perekaman dengan pakaian bebas dan berdandan,” ujar dia.

Sementara Kepala Desa Way Hui Muhammad Yani mengucapkan terima kasih kepada pihak Disdukcapil Lampung Selatan yang melakukan perekaman KTP-el di desa yang dipimpinnya, karena telah membantu warganya sehingga mudah untuk mendapatan dokumen kependudukan secara gratis.

“Hendaknya krjasama pihak pemerintah desa dengan Disdukcapil Lamsel dan warga setempat akhirnya dapat terlaksana dengan lancar.

Selanjutnya dokumen langsung dicetak dan warga setelah mendapatkan dokumen kependudukan tersebut dapat menggunakan hak nya sebagai Warga Negara Indonesia dan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *