Kamis, Juni 20, 2024
Tulang Bawang Barat

Tiyuh Mulyasari Bagikan Bantuan BLT DD kepada 21 KPM

Tiyuh Mulyasari Bagikan Bantuan BLT DD kepada 21 KPM

TUBABA- Harian satelit.com
Aparat Tiyuh Mulyasari, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, di Balai Tiyuh membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 21 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), warganya. Kamis (6/4/2023).

Terkait BLT itu, Kepala tiyuh Mulyasari, Muhamad Zainuri mengatakan bahwa BLT yang berikan kepada 21 orang tersebut, dalam upaya menyejahterakan warganya, dan KPM program tersebut adalah keluarga kurang mampu.

” Keluarga penerima manfaat ini, menerima selama tiga bulan dari Januari sampai dengan Maret 2023 dengan jumlah total Rp 900.000 per KPM. Saya berharap agar uang BLT ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan pokok keluarga, ” ucapnya.

M. Zainuri turut menerangkan bahwa BLT yang diberikan sesuai dengan hasil evaluasi aparat pamong Tiyuh Mulyasari beserta Badan Pemberdayaan Tiyuh (BPT), dan badan pendamping desa bahwa untuk tahun 2023 ini hanya diambil 10 persennya dari DD.

Di ruang terpisah, pendamping DD Kecamatan Gunung Agung, Ahmad Ainul Fuad menyampaikan bahwa BLT merupakan salah satu prioritas, DD tahun 2023, sebagai salah satu bentuk dalam menekan angka kemiskinan ekstrem.

” Semoga KPM BLT-DD dapat dimanfaatkan dalam menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Terkait dengan penurunan jumlah KPM tersebut, sudah sesuai Permendesa PDTT No 8 tahun 2023 dimana untuk tahun 2023 pengganggaran BLT DD minimal 10% dan maksimal 25%. Sedangkan untuk Tiyuh Mulyasari sendiri, mengalokasikan 10% dari total anggaran DD tahun 2023.” Terangnya

Diketahui di Tiyuh Mulyasari ini hanya mempunyai penduduk, 1587 KK dan terdiri dari 5 suku da 16 rukun tetangga. Dari 84 KK tinggal 21 KK yang menerima bantuan tersebut.

Ketua BPT Mulyasari, Suwardi berharap aparat tiyuh dapat menerangkan kepada warga lainnya yang tidak mendapatkan BLT kali ini, agar tidak timbul persoalan.

” Akan timbul permasalahan baru bagi KPM yang tadinya menerima kemudian sekarang tidak menerima bantuan. Maka dari itu, bagi aparat Tiyuh Mulyasari memiliki kewajiban untuk memberikan penjelasan pada mereka warga yang tidka meneriama BLT. ” Terangnya.

Terkait BLT yang diterima warganya, Kepala Suku 04, Tian Kurniawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak tiyuh.

” Atas nama pamong, kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah Tiyuh Mulyasari kepada warga kami yang kurang mampu,” ucapnya.

Salah satu warga yang mendapatkan BLT, Suhardi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya.

” Terima kasih, akan saya pergunakan uang ini dengan sebaik mungkin,” katanya pada wartawan media ini.

Hadir dalam acara tersebut, seluruh KPM, Pamong Badan Permusuawaratan Tiyuh, BPT dan pendampingi DD Kecamatan Gunung Agung.(jl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *