Senin, September 16, 2024
Bandar Lampung

Arinal Berharap Peringatan Hari Ibu Ke-95, Tingkatkan Semangat Juang Bangun Daerah

Bandar Lampung,hariansatelit.com

Gubernur Arinal Djunaidi berharap, Peringatan Hari Ibu Ke-95 dapat dijadikan momentum bagi kaum perempuan untuk bersama-sama meningkatkan semangat juang dalam membangun daerah Lampung sesuai dengan keahlian dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mengisi pembangunan yang berkelanjutan menuju “Rakyat Lampung Berjaya”.

Hal tersebut disampaikan Gubernur pada Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023, di Balai Keratun Lt.III, Rabu (13/12/2023).

Peringatan Hari Ibu bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Provinsi Lampung, selalu menjadi momen khusus. Peringatan Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat, tetapi lebih dari itu, Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor.

Selama kurang lebih hampir tiga tahun masa pandemi Covid yang lalu, memberikan situasi baru bagi perempuan Indonesia. Selain itu, situasi pasca pandemi dengan segala tantangan-tantangan baru yang muncul menjadi babak baru bagi perjuangan perempuan Indonesia.

Rekam jejak kontribusi perempuan Indonesia membangkitkan ekonomi keluarga selama pandemi merupakan salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia selalu hadir dalam setiap momen perjuangan bangsa.

Tema Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 yaitu “Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju”. Gubernur menjelaskan, tema ini bukan hanya sekedar rangkaian kata, tetapi juga mencerminkan semangat kebersamaan dan kekuatan perempuan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan kemajuan di semua lapisan masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung.

Tema tersebut pula, kata Gubernur, mencerminkan tekad untuk memberdayakan setiap perempuan di Lampung agar dapat turut serta aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan dan merata.

“Perempuan di Provinsi Lampung telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial-budaya,” kata Gubernur.

“Mereka adalah pilar utama dalam membangun pondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan menuju Rakyat Lampung Berjaya,” sambungnya lagi.

Melalui Peringatan Hari Ibu, Gubernur juga berharap dapat menginspirasi perempuan untuk terus mencintai dirinya dan mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas untuk membangun negeri, sekaligus semakin menggelorakan semangat dan daya juang membangun Provinsi Lampung yang Berjaya menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menjelaskan tujuan memperingati Hari Ibu Tahun 2023 ini adalah untuk memperingati awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis, berkarya, berkreativitas, berorganisasi, dan berkontribusi dalam pembangunan. Serta memaknai kembali semangat perempuan dalam mengambil peran di dalam pembangunan.

Riana Sari juga melaporkan, beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ibu Provinsi Lampung ke-95 Tahun 2023, yaitu :

1. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Desa SIGER (bebas StuntInG, pEduli anak dan ramah peRempuan) di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Desa SIGER ini merupakan program berbasis kewilayahan yang mengkolaborasikan program dari pemerintah daerah, Tim Penggerak PKK dan organisasi masyarakat.

2. Donor Darah bekerjasama dengan PMI Provinsi Lampung bertempat di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung pada tanggal 6 Desember 2023. Pelaksanaan donor darah ini berhasil mengumpulkan 216 kantong darah.

3. Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung pada tanggal 6 Desember 2023 dengan Inspektur Upacara Wakil Ketua Bhayangkari Polda Lampung.

4. Kegiatan Bakti Sosial Gerakan Siger (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) yaitu membagikan bahan masakan dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan secara serentak pada tanggal 8 Desember 2023. Kegiatan ini dilaksanakan oleh organisasi wanita Provinsi Lampung dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung.

5. Puncak Peringatan Hari Ibu dan dilanjutkan dengan Webinar dengan tema “Superwoman: Work and Family”.

Sedangkan rangkaian yang akan dilaksanakan, yaitu :

1. Kegiatan Pengajian dan Bakti Sosial ke Lapas Perempuan pada tanggal 15 Desember 2023.

2. Nonton Bareng, bersama Ketua TP PKK Provinsi Lanpung dan Anak-anak penderita Thalasemia.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Ketua TP PKK Provinsi Lampung dan Kadis PPPA Provinsi Lampung menyerahkan plakat dan piagam penghargaan kepada Pelaksana Terbaik Desa SIGER Provinsi Lampung Tahun 2023.

Berikut daftar penerima penghargaan Pelaksana Terbaik Desa SIGER Provinsi Lampung tahun 2023.

Kategori Pemberdayaan Perempuan
Terbaik 1 Desa Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan
Terbaik 2 Desa Mekar Jaya, Kec. Tanjung Raya, Kab. Mesuji
Terbaik 3 Kelurahan Ganjar Agung, Kec. Metro Barat, Kota Metro

Kategori Perlindungan Anak
Terbaik 1 Desa Cipadang, Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran
Terbaik 2 Kelurahan Sumber Agung, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung
Terbaik 3 Desa Adi Rejo, Kec. Pekalongan, Kab. Lampung Timur

Kategori Konvergensi Pencegahan dan Penanganan Stunting
Terbaik 1 Desa Gilang Tunggal Makarta, Kec. Lambu Kibang, Kab. Tulang Bawang Barat
Terbaik 2 Desa Sukaraja, Kec. Batu Brak, Kab. Lampung Barat
Terbaik 3 Desa Banjar Rejo, Kec. Banyumas, Kab. Pringsewu

Pelaksana Terbaik Desa SIGER Provinsi Lampung Tahun 2023
Desa Tulung Kakan, Kec. Bumi Ratu Nuban, Kab. Lampung Tengah.

Kegiatan dilanjutkan dengan webinar yang menghadirkan motivator nasional Ibu Ainy yang membawakan materi dengan tema “Work and Family”. (Herwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *