Sabtu, April 20, 2024
Tulang Bawang Barat

Firsada Serahkan Mesin Pencacah Makanan Ternak

Firsada Serahkan Mesin Pencacah Makanan Ternak

TUBABA – Harian satelit.com
Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M Firsada, M.Si. salurkan bantuan mesin chopper (pencacah makanan ternak) bagi para petani dan peternak yang ada di Wilayah Kecamatan Way Kenanga dan Kecamatan Gunung Agung melalui kelompok yang telah dibentuk.

Penyerahan bantuan berupa mesin chopper ini di pusatkan di Kantor Kecamatan Gunung Agung. Selasa (01/08/2023).

Pj Bupati Tubaba, Firsada, mengatakan, agenda pada hari ini yang salah satunya adalah penyerahan mesin chopper di Kecamatan Way Kenanga dan Gunung Agung, merupakan komitmen Pemkab Tubaba dalam mensejahterakan masyarakat khususnya petani atau peternak.

Firsada menjelaskan, Kabupaten Tubaba adalah daerah yang sebagian besar penduduknya adalah peternak. Sesuai dengan keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 472/Kpts/RC.040/6/2018, tentang kokasi kawasan pertanian Nasional, Tubaba ditetapkan sebagai kawasan ternak sapi potong, dimana jumlah populasi ternak ruminansia sebanyak 135.536 ekor yakni ternak sapi 30.000 ekor, ternak kerbau 860 ekor, ternak kambing 102.918 ekor, dan ternak domba 1.758 ekor.

“Potensi usaha peternakan yang ada di Kabupaten Tubaba memiliki peran strategis dalam menunjang kesejahteraan masyarakat hingga harus mendapatkan perhatian khusus oleh Pemda karena berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Pada tahun 2023 ini, sambung Firsada, Pemkab Tubaba telah melaksanakan program kemitraan dan bina lingkungan/Corporate Social Responsibility (CSR) di sektor peternakan dengan menerapkan teknologi peternakan tepat guna.

“CSR tersebut dilaksanakan oleh Perusahaan milik BUMD yaitu Bank Syariah Tani Tulang Bawang Barat (BPRS Tani) yang akan memberikan 3 buah mesin chopper multifungsi (Mesin Penepung dan Pencacah Serba Guna) dengan kapasitas 1.000 kg/jam,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, bantuan tersebut memiliki multifungsi, sehingga sangat bermanfaatkan bagi peternak, selain dapat mencacah/memotong rumput untuk pakan ternak, sampah organik dan kotoran hewan yang telah dikeringkan dapat menjadi tepung, sehingga dapat menunjang program pertanian organik dan pengembangan budidaya ternak dengan pakan fermentasi.

Selain itu, lanjut Firsada, mesin chopper ini merupakan hasil terobosan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG)
Kabupaten Tubaba yang menjadikan Kabupaten Tubaba memperoleh juara 1 TTG tingkat Nasional.

“Kami berharap bantuan mesin chopper ini dapat menunjang peningkatan produksi peternakan di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai menuju Sentra Ternak di Tubaba,” tandasnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *