Jumat, Oktober 18, 2024
Tanggamus

Bupati Tanggamus: Pramuka Menumbuhkan Rasa Kebersamaan dan Gotong-Royong

Tanggamus, hariansatelit.com

Banyak hikmah yang dapat dipetik dari kegiatan kepramukaan atau kepanduan ini, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat kegotong-royongan dengan etika dan moral yang baik. Di pramuka tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan dalam regu atau tim.

“Dalam kepanduan atau kepramukaan dapat dijadikan salah satu wahana pembinaan karakter dan membina jiwa sportifitas, karena generasi yang berkatakter kuat adalah generasi yang akan mampu menghadapi tantangan kehidupan dan globalisasi serta digitalisasi,” kata Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat menjadi pembina upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 Kakwarran Pematang Sawa di Bumi Perkemahan Pantai Khikit Pematang Sawa, Senin (14/8/2023).

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengucapkan selamat hari pramuka kepada kakak-kakak dan adik-adik seluruh insan gerakan pramuka se-Kabupaten Tanggamus, khususnya yang berada di Kecamatan Pematang Sawa ini.

“Semoga peringatan ini semakin menguatkan komitmen kita bersama dalam dalam upaya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia dengan tema, “Mari Kita Wujudkan sumber daya manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Perlu terus dilakukan langkah-langkah nyata pembentukan karakter, agar anak-anak bangsa termasuk di Tanggamus, dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tangguh, yang siap mempertahankan tegaknya Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Satu diantara langkah pembentukan karakter tersebut adalah melalui Gerakan Pramuka. Gerakan yang bertujuan pada pembentukan sumberdaya manusia secara utuh, kuat secara fisik dan mental, cerdas, disiplin, sekaligus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan bangsa, dan kasih sayang kepada sesama manusia.
Lanjut bupati mengatakan merujuk pada begitu pentingnya pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka, sudah sepatutnya jika kita harus semakin menguatkan komitmen mendukung tumbuh kembangnya Gerakan Pramuka. Dengan Dasa Dharma Pramuka yang menjadi landasan atau janji Pramuka dalam bersikap dan bertindak, akan diperoleh pribadi yang berkarakter.

“Saya merasa bangga dan apresiasi terhadap segala hal yang telah dikerahkan oleh Gerakan Pramuka Tanggamus dalam ikut membantu pelaksanaan menanggulangi bencana alam yang kerap menimpa daerah kita,” tukasnya.

Panitia pelaksana Rian Adi Saputra mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tanggamus sebagai Kamabicap. Harapan kedepannya, kegiatan ini akan lebih maju dan meriah lagi, karna beberapa tahun sebelum nya terkendala akibat pandemi covid 19, akibatnya kegiatan kami ini jadi fakum.

“Kami dari seluruh jajaran pramuka mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati tanggamus karna dapat hadir mensuport dan mendukung kegiatan ini, dalam kehadiran nya ini menjadi kebanggaan dan kebahagian tersendiri bagi kami karna dapat menjadi motipasi dan semangat untuk anak anak pramuka dalam melaksanakan kegiatan ini kedepannya,” ujar dia. (Ham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *