Rabu, Oktober 23, 2024
Metro

Pjs Walikota Metro Serukan Santri Jadi Agen Perubahan

Metro, hariansatelit.com

Pejabat sementara (PJs) Wali Kota Metro Descatama Paksi Moeda menyampaikan Hari Santri adalah momen penting untuk mengingatkan para santri akan peran strategis mereka dalam pembangunan bangsa.
Ia menekankan perlunya santri untuk terus mengasah pengetahuan dan keterampilan, serta berkontribusi nyata bagi masa depan Indonesia.

“Saya mengajak seluruh santri di Kopta Metro untuk berperan aktif sebagai agen perubahan dalam masyarakat dan menjadi teladan bagi lingkungan sekitar,” ujar (PJs) Wali Kota Metro Descatama Paksi Moeda pada peringatan hari santri nasional di lapangan Mulyojati 16 C, Kecamatan Metro Barat, Selasa (22/10/2024).

Dia berharap para santri mampu menghadapi tantangan zaman, terutama dalam menciptakan toleransi dan kerukunan di tengah masyarakat Kota Metro.

Pjs Wali Kota Metro juga menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan potensi santri agar dapat berperan dalam pembangunan daerah, khususnya menciptakan suasana harmonis berdasarkan semangat kebangsaan dan keagamaan.

“Hari santri juga adalah momentum untuk mengingatkan kita pada semangat resolusi jihad yang dicanangkan oleh Kyai Haji Hasyim Ashari. Semangat tersebut menjadi penggerak pada santri dan ulama untuk berjuang melawan penjajahan demi mempertahankan tanah air,” kataya.

Untuk itu Descatama Paksi Moeda meminta peserta upacara, agar sebagai generasi penerus yang berkewajiban melanjutkan perjuangan ini dalam mengisi kemerdekaan melalui kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.

Ia juga mengatakan berdasarkan tema pada hari santri nasional tahun ini menjadi refleksi penting bagi semuanya dalam era modern yang penuh tantangan global.

“Santri diharapkan tepat menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alamin, serta berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan ilmu agama yang kuat dan keterampilan yang relevan dalam perkembangan zaman. Sehingga diharapkan santri akan mampu menjadi Pioneer dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berkarakter,” harapanya.

Lebih lanjut, Descatama Paksi Moeda berkeinginan di hari santri nasional menjadi pengingat bahwa hari santri tidak pernah surut baik dalam ranah pendidikan, sosial maupun kebangsaan.

“Kita harap para santri akan terus memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan Kota Metro Bumi Sai Wawai,” tutupnya di akhir sambutan. (Hendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *