Jumat, Oktober 18, 2024
Lampung Selatan

Ketahanan Pangan, Pemdes Gedung Agung Bangun Paving Block

 

Jati Agung, hariansatelit.com

Guna mendongkrak perekonomian masyarakat setempat yang dilaksanakan, Pemerintah Desa (Pemdes) Gedung Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan membangun paving block jalan pertanian.

Pembangunan jalan sebagai program ketahanan pangan Desa Gedung Agung ini menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2024, yang dibangun di Dusun 2, desa setempat, Senin (25/7/2024) pagi.

Pembangunan paving block ini dibuat dengan panjang 187 meter lebar 2.50 centi meter dengan menelan anggaran sebesar Rp102.000.000.

Kepala Desa Gedung Agung Martono mengungkapkan, pentingnya pembangunan akses jalan pertanian ini untuk mempermudah mengangkut hasil panen dari petani desa setempat, khususnya Dusun 2.

Tentunya bukan hanya itu saja, kata dia, tapi juga untuk meningkatkan harga tanah dan perekonomian desa, dengan dibangunnya jalan tersebut.

“Pembangunan jalan melalui program ketahanan pangan ini menggunakan anggaran DD tahun 2024. Dan ini memang sudah menjadi program pemerintah yang harus dilaksanakan. Sebagai langkah untuk menunjang sektor hasil pertanian di setiap desa,” ungkap Martono, yang juga didampingi Pendamping Kecamatan, Babinsa, Babinkamtibmas, serta unsur perangkat desa Gedung Agung.

“Pembangunan rabat beton ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan. Sebab, jalan ini sering digunakan untuk mengangkut kebutuhan petani hingga mengangkut hasil panen,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan paving block itu bertujuan agar akses sehari-hari warga semakin lancar, termasuk melancarkan perekonomian.

Sebab, tidak dipungkiri, kondisi jalan yang rusak akan mempersulit akses transportasi warga.

“Harapan kami, dengan adanya paving block ini, warga semakin nyaman beraktivitas dan bekerja, termasuk bagi para petani lebih mudah menuju lahan pertaniannya,” jelasnya.

Sementara itu, Andi Dermawan selaku Kasi Ekobang Kecamatan Jati Agung menuturkan, mengapriasi pembangunan jalan pertanian yang mengunakan paving block tersebut.

Untuk itu dia berharap, terutama kepada masyarakat yang punya lahan pertanian disekitar lokasi jalan tersebut, setelah jalan paving block ini selesai dibangun, dapat dijaga dan di rawat dengan baik agar jalan bisa awet.

Sementara itu, Jumianah, warga Dusun 2 Desa Gedung Agung mengatakan, program paving block merupakan impian seluruh warga yang sudah sejak lama di harapkan program terealisasi, karena merupakan usulan sejak lama. “Baru kali ini terealisasi,” katanya.

Menurut dia jalan tersebut sangat membantu seluruh petani agar meningkatnya hasil pertanian dengan mudah untuk membawa alat pertanian serta memudahkan mengangkut hasil panen,” pungkasnya.

“Atas nama masyarakat, saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Jatimulyo Bapak Sumardi, karena telah merespon usulan dari masyarakat melalui program ketahan pangan ini,” ucapnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *